Tips Belanja Online, Menghindari Penipuan dari Online Shop

Andraji | Saturday, December 18, 2010 | , ,

Maraknya Toko-toko online yang bermunculan belakangan terutama melalui situs jejaring sosial Facebook atau dari blog-blog yang menawarkan harga miring tentunya mengundang minat untuk memilikinya. Situs-situs yang menawarkan barang harga miring dengan alasan BM (Blackmarket) atau barang ilegal ini jangan langsung dipercaya. Sudah banyak penipuan yang terjadi dari user-user yang tidak menelusuri terlebih dahulu mengenai Online Shop tersebut. Sedikit tips dalam berbelanja Online :

1. Sangat Penting untuk membaca komentar-komentar dari pembaca.
2. Pastikan situs tersebut dapat dipercaya atau direkomendasikan dari orang yang dapat anda percaya. Caranya bisa dengan Googling mengenai dengan kata kunci situs atau nama toko tersebut.
3. Gunakan fasilitas Rekening Bersama bila diperlukan, situs-situs Online Shop terpercaya biasanya menyediakan Rekening Bersama.
4. Periksa bila ada Bukti Pengiriman yang disediakan oleh situs tersebut, terus cek no. resi pengiriman dan bandingkan setiap bukti pengiriman. Setiap bukti pengiriman seharusnya berasal dari daerah yang sama. Bukti pengiriman dapat dilacak langsung ke situs jasa pengiriman barang seperti Tiki, atau JNE.

Tolong tinggalkan komentar bila ada masukan mengenai topik ini. Tips diatas adalah berdasarkan pengalaman penulis yang Alhamdulillah belum pernah mengalami penipuan dalam berbelanja Online.
Situs-situs yang RECOMENDED dari penulis :
1. Kaskus (Forum yang betul-betul mantap, tetap periksa komentar gan, kalo ragu manfaatkan RekBer)
2. Baliwae (Untuk peralatan jaringan ane beli disin gan)
3. Pedang Samurai Murah (Dapat dari Kaskus sih gan, trus langsung cek TKP)

Silahkan ditambahkan tipsnya gan, nanti ane update terus!!!

Download: Tips Belanja Online, Menghindari Penipuan dari Online Shop

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Andra Little Notes Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS
Translate This Page