'Hitung Domba' Agar Mengantuk, Efektifkah?

Andraji | Friday, September 03, 2010 | ,


VIVAnews - Saat kantuk tak kunjung datang, padahal tubuh sudah terasa lelah, ada cara klasik yang sering dilakukan agar Anda cepat tertidur. Yaitu, menghitung domba dengan membayangkannya. 

Meskipun cara ini banyak dilakukan, tetapi menurut penelitian tim dari Oxford University pada 2002, cara tersebut tidak efektif. Bahkan bisa membuat seorang yang mengidap insomnia lebih sulit tidur. 

Peneliti melakukan penelitian pada 41 pasien insomnia. Para pasien
diminta melakukan satu dari tiga hal sebelum tidur, yaitu menghitung domba, membayangkan sebuah tempat yang damai, atau lepas dari kebiasaan sebelum tidur. 

Hasilnya adalah ketika pasien membayang tempat yang damai, mereka rata-rata tidur dua puluh menit lebih awal dari pada setiap malam selama penelitian. Lalu, ketika mereka menghitung domba, butuh lebih lama untuk tertidur. 

Penelitian lain di Oxford pada 2003, juga menemukan bahwa penderita insomnia cenderung sering berpikir gambar tidak menyenangkan, dibandingkan orang yang tidak memiliki masalah tidur kronis.

Hal itu mungkin alasan mengapa mereka mengalami kesulitan tidur. Jika hasilnya dibandingkan, justru menghitung domba bisa membuat seseorang makin sulit tidur. (umi)

Download: 'Hitung Domba' Agar Mengantuk, Efektifkah?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Andra Little Notes Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS
Translate This Page