Cantona "Turun Gunung"

Andraji | Thursday, January 20, 2011 | ,

Liputan6.com, New York: Pemain legendaris Manchester United asal Prancis, Eric Cantona kembali aktif di ranah sepakbola. Pria berusia 44 tahun ini ditunjuk menjabat direktur sepakbola di klub Amerika Serikat, New York Cosmos.

"Ini sebuah proyek mengesankan. Ini sebuah paduan apik sepakbola dan seni," kata pencetak 82 gol dari 195 pertandingan untuk MU. Cantona yang di masa jayanya dijuluki The King ini pensiun sebagai pesepakbola pada 1997.

Cosmos yang pernah diperkuat pemain beken seperti Pele dan Franz Beckenbauer merupakan salah satu klub ternama di Liga Sepakbola Amerika Utara. Cosmos aktif berkompetisi mulai 1971 sebelum gulung tikar pada 1985 akibat bangkrutnya liga yang terdiri dari beberapa klub di AS dan Kanada tersebut.

Tetapi pada 1985, klub bersejarah itu didirikan kembali oleh mantan Wakil Presiden Tottenham Hotspur Paul Kemsley pada Agustus silam. Cosmos belum membentuk tim dan belum memiliki stadion yang menjadi markas mereka, tetapi ambisi besar mereka yakni menjadi tim ke-20 yang meramaikan Major League Soccer (MLS).

Di MLS nanti Cosmos siap bersaing dengan klub dari kota "Big Apple" lainnya, New York Red Bulls. Ambisi besar Cosmos ini di antaranya juga menyertakan Coby Jones, mantan pemain Timnas AS yang sangat populer dengan rambut gimbalnya, sebagai duta klub.

"Cosmos merupakan paduan tim yang kuat dan cantik, serta memiliki sejarah yang besar," imbuh Cantona. "Saya akan berusaha sekeras mungkin membawa klub ini menjadi nomor satu di AS. Bukan tidak mungkin kami menjadi salah satu klub terbesar di dunia." Seusai gantung sepatu Cantona lebih banyak berkecimpung di dunia seni. Salah satunya seni peran. Pemain yang identik dengan nomor punggung tujuh (7) ini pernah membintangi dua film.(DIM/AFP/BBC)

Download: Cantona "Turun Gunung"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Andra Little Notes Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS
Translate This Page